Optimalkan e-Licensing, Direktorat Operasi Beri Asistensi Pengguna di Semarang

18-04-2017

Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI pada Selasa (18/4) menyelenggarakan asistensi teknis penggunaan e-Licensing bagi pengguna frekuensi radio konvensional dan radio konsesi di Kota Semarang

Semarang (SDPPI) - Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI pada Selasa (18/4) menyelenggarakan asistensi teknis penggunaan e-Licensing bagi pengguna frekuensi radio konvensional dan radio konsesi di Kota Semarang, Jawa Tengah yang belum memiliki akun untuk mengakses sistem perizinan online tersebut.

Kegiatan yang digelar bersama Balmon Kelas II Semarang dan diikuti oleh pengguna frekuensi radio konvensional dan konsesi yang telah memiliki Izin Siaran Radio (ISR) itu dibuka oleh Kasubdit Pelayanan Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat, Direktorat Operasi Sumber Daya, Jenny M Lumingkewas.

Dalam kesempatan itu Jenny menekankan pentingnya penggunaan e-Licensing, yakni selain untuk memudahkan dan mempercepat pengajuan permohonan ISR, juga akan sangat bermanfaat dalam penanganan Biaya Hak Penggunaan (BHP) Frekuensi Radio.

E-LIcensing memungkinkan pemohon ISR dapat memonitor status permohonannya, mengakses dan mengunduh SPP BHP Frekuensi Radio, Surat Tagihan, dan dokumen lainnya, termasuk salinan ISR.

Pemohon, selaku wajib bayar, juga bisa memantau penanganan perizinan frekuensi radio secara online sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan sanksi denda keterlambatan pembayaran BHP hingga pencabutan izin ISR.

Jenny juga menyampaikan bahwa di wilayah Semarang dan sekitarnya baru sekitar 50 persen wajib bayar yang telah memiliki akun e-Licensing.

Kepala Balmon Kelas II Semarang, Hercules Tupal Sitorus, menambahkan dengan pemaparan mengenai perizinan frekuensi radio dan kegiatan monitoring serta penertiban di lapangan.

Ia mengingatkan kembali tentang sanksi berat kepada pelanggar penggunaan frekuensi radio dan pentingnya penggunaan frekuensi sesuai dengan peruntukannya serta ISR yang dimilikinya.

Asistensi teknis penggunaan layanan e-LIcensing dipandu oleh Kasi Pelayanan Dinas Bergerak Darat, Sulistiyono Catur K.P. beserta tim, dan peserta yang hadir langsung bisa membuat akun e-Licensing sendiri serta memanfaatkan fitur-fiturnya.

Penyelenggaraan kegiatan asistensi teknis ini mendapatkan respon positif dan apresiasi dari peserta atas upaya-upaya yang telah dilakukan Ditjen SDPPI Kemkominfo alam peningkatan pelayanan perizinan frekuensi radio .

(sumber/foto: Direktorat Operasi Sumber Daya)

Press Release

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Siaran Pers No. 05/HM/KOMINFO/01/2018
10-01-2018

Pelantikan Promosi dan Mutasi Jabatan di Lingkungan Direktorat Jenderal Sum…

Around SDPPI

Pelatihan Manajemen Survival Batch I SDPPI Selesai 18 Mei
19-05-2018

Jakarta (SDPPI) - Menuntaskan tiga hari sejak Rabu, 16 Mei lalu, Pelatihan Manajemen...

Kebangkitan ICT Harus Dimanfaatkan dengan Bijak
18-05-2018

Jakarta (SDPPI) - Kebangkitan ICT (information and communication technology) harus...

Balmon Banten Uji 119 Pegiat Amatir Radio pada UNAR Perdana 2018
16-05-2018

Cilegon (SDPPI) - Ditjen SDPPI, melalui Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I...

Media Spotlight

Logo Kemkominfo

Beranda | Kominfo Portal | Email | Contact Us | Sitemap | Bahasa

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika