Laboratorium Kalibrasi BBPPT Diaudit Secara Periodik

06-09-2017

 Asesor mengamati sarana dan prasarana di laboratorium kalibrasi

Bekasi (SDPPI) - Laboratorium kalibrasi Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) selalu diaudit secara periodik baik oleh auditor internal maupun eksternal guna terus menjaga mutu dan kompetensinya sebagai laboratorium uji perangkat telekomunikasi.

Seperti pada Rabu (5/9), Komite Akreditasi Nasional (KAN) selaku instansi berkompeten melakukan assessment terhadap Lembaga Penilaian Kesesuaian, kembali melakukan surveillance terhadap laboratorium kalibrasi milik Unit Pelaksana Teknis Ditjen SDPPI yang berwenang menguji perangkat telekomunikasi itu di Bekasi, Jawa Barat.

KAN kali ini menugaskan Asesor Kepala Sugeng Raharjo dan Tenaga Ahli Eddy Haryanto untuk melakukan surveillance terjadwal terhadap laboratorium kalibrasi BBPPT.

Disambut Kepala BBPPT Moch. Rus’an dan pejabat terkait, Sugeng menyampaikan bahwa fokus surveillance sekarang adalah pemeliharaan sistem manajemen mutu ISO 17025 dan beberapa kategori temuan.

Sebelum mengaudit, KAN mengobserbasi laboratorium kalibrasi BBPPT dilanjutkan dengan kegiatan surveillance terkait teknis dan di ruangan lain mereka mengaudit aspek manajemen mutu.

Didampingi Manajer Mutu BBPPT Irene Setyorini, KAN menanyakan beberapa hal antara lain mekanisme proses pelayanan kalibrasi, contoh sertifikat tahun 2016 dan 2017, serta data hasil kalibrasi.

Sementara itu, penyelia kalibrasi dan penguji berdiskusi dengan asesor mengenai teknis kalibrasi serta mengamati langsung sarana prasarana di laboratorium kalibrasi. Dari hasil surveillance, KAN menyimpulkan bahwa laboratorium BBPPT sudah bisa menerapkan sistem manajemen SNI ISO/IEC 17025 dengan konsisten, dengan dokumentasi, rekaman teknis, manajemen kendali yang baik.

Peralatan laboratorium dinilai memadai untuk melakukan kalibrasi sesuai dengan lingkup akreditasi tertelusur. Namun, dalam kegiatan ini ditemukan beberapa ketidaksesuaian yang bersifat minor terkait pengendalian rekaman, kondisi akomodasi dan lingkungan.

Mengakhiri kegiatan surveillance-nya, KAN menyampaikan terima kasih atas lancarnya kegiatan surveillance ini dan mengingatkan kembali bahwa temuan ketidaksesuaian agar ditindaklanjuti dalam batas waktu yang ditentukan.

Dengan surveillance ini diharapkan laboratorium BBPPT senantiasa menjaga mutu sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dalam mendapatkan layanan pengujian.

(Sumber/Foto : Widya Budi Andhini)

Press Release

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Around SDPPI

Indonesia Presentasikan Roadmap 5G di Konferensi ITU Bangkok
20-07-2018

Jakarta (SDPPI) - International Telecommunication Union (ITU) Regional Asia Pasifik pada...

Kinerja dan Cakupan Penegakan Hukum Ditjen SDPPI Terus Membaik
20-07-2018

Jakarta (SDPPI) - Kinerja dan cakupan penegakan hukum bidang telekomunikasi Ditjen SDPPI...

SDPPI Terus Gelorakan Budaya Tertib Penggunaan Frekuensi
19-07-2018

Medan (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Media Spotlight

Logo Kemkominfo

Beranda | Kominfo Portal | Email | Contact Us | Sitemap | Bahasa

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika