SDDPI mendorong pengelolaan Arsip secara baik dan prosedural

06-09-2017

Tampak sejumlah peserta dari Unit Pelayanan Teknis Ditjen SDPPI mengikuti kegiatan Bimtek Kearsipan (6/9). Bimbingan teknis kearsipan yang diadakan selama dua hari, 6-7 September 2017, merupakan salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan kearsipan di lingkungan Ditjen SDPPI.

Bali (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika terus berupaya mewujudkan penyelenggaraan kearsipan yang baik, benar, dan prosedural yang sekaligus menyokong program reformasi birokrasi khususnya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Terlebih Ditjen SDPPI merupakan satuan kerja terbesar di Kemkominfo dengan membawahi 37 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang menjadikan intensitas/produksi arsipnya sangat tinggi, kata Sekretaris Ditjen SDPPI Sadjan di hadapan peserta bimbingan teknis kearsipan Ditjen SDPPI di Bali, Rabu malam (6/9).

Sadjan mengatakan bahwa arsip merupakan salah satu sumber informasi penting sehingga harus dikelola dengan baik. Keberadaan arsip perlu mendapatkan perhatian serta dibutuhkan komitmen berbagai pihak.

“Salah satunya adalah dengan mengubah cara pandang atau mindset kita terhadap arsip sehingga arsip tidak lagi dipandang sebelah mata,” katanya.

Oleh karena itu, arsip harus dikelola secara baik, benar, dan prosedural, serta menempatkannya sebagai informasi yang terekam dan tidak sekadar sampah dari aktivitas organisasi.

Untuk itu, Sadjan menggajak jajarannnya punya kesadaran tinggi untuk mengelola arsip dengan baik sehingga tercipta tata kelola kearsipan yang baik pula sesuai dengan yang diharapkan.

Terlebih dengan adanya Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang tujuannya antara lain untuk meningkatkan komitmen seluruh aparatur negara pada setiap instansi baik pusat maupun daerah dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan, sehingga tercipta tertib kebijakan, organisasi, SDM, prasarana dan prasarana, pengelolaan, dan juga tertib pendanaan dalam kearsipan.

Arsip, kata Sadjan, merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dalam aktivitas suatu organisasi.

Ditemui di tempat yang sama, Kabag Umum dan Kepegawaian Hasyim Fiater mengungkapkan bahwa tujuan dari sosialisasi dan bimbingan teknis ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman dan cara penemuan solusi kepada para pegawai yang selama ini bersinggungan langsung dengan dokumen dan arsip, seperti Izin Stasiun Radio, Sertifikasi Alat dan Perangkat serta Perjanjian Kerja Sama/MoU antarinstansi dan lembaga.

“Oleh karena itu kami menganggap sangat pentingnya kegiatan bimtek ini, serta berharap agar kegiatan ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan guna memberikan wawasan kearsipan kepada para pegawai,” ungkap Hasyim yang juga diamin oleh Sadjan.

Bimbingan teknis kearsipan yang diadakan selama dua hari, 6-7 September 2017, merupakan salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan kearsipan di lingkungan Ditjen SDPPI. Kegiatan ini diikuti para pegawai pengelola arsip baik dari pusat maupun daerah.

(sumber /Foto : gat/bbg)

Press Release

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Around SDPPI

Indonesia Presentasikan Roadmap 5G di Konferensi ITU Bangkok
20-07-2018

Jakarta (SDPPI) - International Telecommunication Union (ITU) Regional Asia Pasifik pada...

Kinerja dan Cakupan Penegakan Hukum Ditjen SDPPI Terus Membaik
20-07-2018

Jakarta (SDPPI) - Kinerja dan cakupan penegakan hukum bidang telekomunikasi Ditjen SDPPI...

SDPPI Terus Gelorakan Budaya Tertib Penggunaan Frekuensi
19-07-2018

Medan (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Media Spotlight

Logo Kemkominfo

Beranda | Kominfo Portal | Email | Contact Us | Sitemap | Bahasa

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika