Sertifikasi Operator Radio > Tata Cara dan Persyaratan Perizinan
  1. Tata Cara Dan Persyaratan Sertifikasi Radio Elektronika Dan Operator Radio (REOR)
  2. Tata Cara Dan Persyaratan Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
  3. Tata Cara Dan Persyaratan Izin Amatir Radio
  4. Tata Cara Dan Persyaratan Izin Komunikasi Radio Antar Penduduk (IKRAP)

TATA CARA DAN PERSYARATAN SERTIFIKASI RADIO ELEKTRONIKA DAN OPERATOR RADIO (REOR)

PERSYARATAN PERMOHONAN SERTIFIKAT REOR BARU

  1. Mengisi formulir pendaftaran;
  2. Foto copy Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL) atau foto copy sertifikat GMDSS dari lembaga asal Diklat yang telah dilegalisir;
  3. Melampirkan foto copy Ijazah Mualim (bagi mualim) dan Ijazah Pendidikan Umum Terakhir (bagi reguler) yang telah dilegalisir;
  4. Foto copy akte kelahiran;
  5. Keterangan berbadan sehat, memiliki pendengaran baik, dan tidak buta warna yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter Pemerintah;
  6. Berbicara lancar dan tidak gagap;
  7. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polri;
  8. Pas foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 (empat) lembar dengan backgroundwarna putih;
  9. Bagi peserta yang mengulang agar melampirkan foto copy Daftar Nilai yang telah diperoleh dari hasil ujian sebelumnya;
  10. Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)/Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  11. Berpakaian rapi dan bersepatu dengan kemeja putih berkerah yang dimasukan, dan celana warna hitam/warna gelap (bukan jeans), atau seragam Lembaga Diklat (Lemdik)/Sekolah masing-masing;
  12. Mentaati Tata Tertib peserta Ujian selama Ujian Negara REOR berlangsung;
  13. Membayar Ujian Negara yang disetorkan ke Kas Negara melalui Bank Mandiri Cabang Gedung Jaya Gedung Sapta Pesona Jakarta Nomor Rekening : 121 – 00 – 0453867 – 8 (BPN 018-DITJEN SDPPI) dan menunjukan bukti bayar tersebut pada saat pendaftaran.

PERSYARATAN PERPANJANGAN SERTIFIKAT REOR (ENDORSEMENT)

  1. Melampirkan sertifikat REOR asli;
  2. Melampirkan pas foto berwarna, berlatar belakang warna putih, berkemeja warna putih dan berdasi sebanyak 2 (dua) lembar ukuran 4 x 6 cm;
  3. Foto copy buku pelaut atas nama sendiri, yang ditandatangani oleh syahbandar setempat, yang menjelaskan tentang place/date sign ondan place/date sign off selama 5 (lima) tahun terakhir menjadi pelaut dan masih berlaku;
  4. Untuk sertifikat yang terbit sebelum tahun 1998, harus disertai daftar nilai, ijazah proficiency in goc for theGMDDS dan masih berlaku. Bagi pemilik sertifikat operator radio yang tidak bisa menyerahkan daftar nilai dan ijazah proficiency in goc for the GMDDS harus mengikuti ujian penyesuaian;
  5. Pengurusan sertifikat yang diwakilkan, wajib melampirkan surat kuasa asli yang ditandatangani pemilik sertifikat asli di atas materai Rp. 6000 dan melampirkan foto copy KTP pemilik/pemegang sertifikat.

PERSYARATAN SERTIFIKAT REOR HILANG ATAU RUSAK

  1. Surat Keterangan kehilangan dari Kepolisian Republik Indonesia setempat untuk Sertifikat REOR yang hilang atau foto copy untuk Sertifikat REOR yang rusak;
  2. Foto copy Berita Acara Sumpah;
  3. Foto copy Daftar nilai kelulusan;
  4. Pas foto berwarna ukuran 4x6 cm sebanyak 2 (dua) lembar dengan latar belakang warna putih menggunakan kemeja dan berdasi.

TATA CARA PERMOHONAN SERTIFIKASI REOR

Gambar 1. Alur Permohonan Sertifikasi REOR

Gambar 1. Alur Permohonan Sertifikasi REOR

CARA MEMPEROLEH SERTIFIKAT RADIO ELEKTRONIKA DAN OPERATOR RADIO (REOR)

  1. Seseorang harus mengikuti pendidikan dan pelatihan pada lembaga yang telah mendapatkan rekomendasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Radio Elektronika dan Operator Radio (REOR).

    Dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan REOR, maka setelah selesai akan diberikan Sertifikat Keterampilan atau Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan /STTPL/Ijazah Nautika atau ANT dari Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan REOR. Lembaga penyelenggara pendidikan dan latihan, mengusulkan dan mendaftarkan ke Ditjen SDPPI untuk mengadakan Ujian Negara dengan melampirkan Sertifikat Keterampilan atau STTPL/Ijazah Nautika (ANT) dimaksud.

  2. Ditjen SDPPI menerima Pendaftaran Ujian yang diusulkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan dan latihan REOR.

    Bagi peserta ujian negara REOR yang dinyatakan lulus, maka yang bersangkutan dilantik dan disumpah oleh pejabat dari Ditjen SDPPI dan Sertifikat Operator Radio GMDSS langsung diberikan sesuai dengan tingkatan yang dipilih, sehingga berhak untuk melakukan pekerjaan operator di kapal yang berlayar di area A1, A2, A3, A4 dengan dilengkapi perangkat GMDSS sesuai dengan tingkat sertifikatnya.

STANDARD WAKTU PENYELESAIAN SERTIFIKAT REOR

7 hari kerja (max 14 hari) untuk Baru mulai dari diumumkan kelulusannya, sedangkan untuk perpanjangan mulai dari berkas diterima lengkap.

TATA CARA DAN PERSYARATAN SERTIFIKASI KECAKAPAN OPERATOR RADIO (SKOR)

PERSYARATAN UJIAN NEGARA SERTIFIKASI KECAKAPAN OPERATOR RADIO (SKOR)

  1. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap;
  2. Pas photo ukuran 2 x 3 cm sebanyak 4 (empat) lembar dengan backgroundwarna biru;
  3. Bagi peserta yang mengulang agar melampirkan foto copy Daftar Nilai yang telah diperoleh dari hasil ujian sebelumnya;
  4. Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) / Kartu Tanda Penduduk (KTP).

PROSEDUR DALAM MENGIKUTI UJIAN NEGARA SERTIFIKASI KECAKAPAN OPERATOR RADIO

Mentaati Tata Tertib peserta Ujian selama Ujian Negara SKOR berlangsung.

TATA CARA PERMOHONAN UJIAN NEGARA SERTIFIKASI KECAKAPAN OPERATOR RADIO

Gambar 1. Alur Permohonan SKOR

Gambar 1. Alur Permohonan SKOR

PERSYARATAN PERPANJANGAN SERTIFIKAT KECAKAPAN OPERATOR RADIO

  1. Melampirkan sertifikat asli;
  2. Jika sertifikat asli hilang harus disertai dengan surat laporan kehilangan dari kepolisian setempat dan diserahkan sebelum masa lakunya habis;
  3. Pas photo ukuran 2 x 3 cm sebanyak 2 (dua) lembar dengan backgroundwarna biru;
  4. Pengurusan sertifikat yang diwakilkan, wajib melampirkan surat kuasa asli yang ditandatangani pemilik sertifikat asli di atas materai Rp. 6000 dan melampirkan foto copy KTP pemilik/pemegang sertifikat.

STANDARD WAKRU PENYELESAIAN SERTIFIKASI KECAKAPAN OPERATOR RADIO

7 hari kerja (max 14 hari) untuk Baru mulai dari diumumkan kelulusannya, sedangkan untuk perpanjangan mulai dari berkas diterima lengkap.

TATA CARA PERMOHONAN PERPANJANGAN SERTIFIKASI KECAKAPAN OPERATOR RADIO

Gambar 3. Alur Permohonan Perpanjangan SKOR

Gambar 3. Alur Permohonan Perpanjangan SKOR

TATA CARA PERMOHONAN PERPANJANGAN SERTIFIKASI KECAKAPAN OPERATOR RADIO

  1. Seseorang harus mengikuti pendidikan danpelatihan pada lembaga yang telah mendapatkan rekomendasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR);
  2. Ditjen SDPPI menerima Pendaftaran Ujian yang diusulkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan dan latihan SKOR;
  3. Bagi peserta Ujian Negara SKORyang dinyatakan lulus, yang bersangkutan berhak mendapatkan Sertifikat Kecakapan Operator Radio (SKOR).

TATA CARA DAN PERSYARATAN IZIN AMATIR RADIO

PERSYARATAN PERMOHONAN IZIN AMATIR RADIO (IAR)

  1. Surat Permohonan IAR yang diajukan secara tertulis kepada Direktur Jenderal SDPPI melalui Organisasi Tingkat Pusat;
  2. Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya;
  3. Salinan SKAR atau Sertifikat Radio Elektronik dan Operator Radio yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI);
  4. Salinan IAR yang ditebitkan dari Negara lain bagi WNI yang memilikinya;
  5. Pas photo berwarna terbaru dengan ukuran 2 x 3 cm dengan latar belakang merah sebanyak 5 (lima) lembar;
  6. Surat pernyataan tidak keberatan dari Orang tua / Wali atau keterangan dari Kepala Sekolah bagi mereka yang belum berusia 17 (tujuh belas) tahun.
Catatan:
  • IAR diterbitkan paling lama 10 (sepuluh) hari kerja, sejak permohonan diterima dengan lengkap;
  • IAR yang telah diterbitkan oleh Direktur Jenderal SDPPI disertahkan kepada yang berhak melalui Organisasi Tingkat Pusat;
  • Biaya Izin/Perpanjangan: Rp. 30.000,- per tahun.

PERSYARATAN PERMOHONAN PERPANJANGAN IZIN AMATIR RADIO

  1. Surat Permohonan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika u.p. Direktur Operasi Sumber Daya melalui Organisasi;
  2. Fotocopy IAR;
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya;
  4. Pas Photo berwarna terbaru ukuran 2 x 3 cm sebanyak 5 (lima) lembar.

PERSYARATAN PERMOHONAN PEMBARUAN IZIN AMATIR RADIO

  1. Surat Permohonan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika u.p. Direktur Operasi Sumber Daya melalui Organisasi;
  2. Surat Keterangan hilang dari POLRI setempat atau pernyataan kerusakan / hilang yang disahkan oleh Organisasi;
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya;
  4. Pas Photo berwarna terbaru ukuran 2 x 3 cm sebanyak 5 (lima) lembar.

PERSYARATAN PERMOHONAN PEMBARUAN IZIN AMATIR RADIO PINDAH ALAMAT

  1. Surat Permohonan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika u.p. Direktur Operasi Sumber Daya melalui Organisasi;
  2. IAR asli;
  3. Rekomendasi dari Organisasi di tempat yang lama;
  4. Fotocopy KTP atau tanda pengenal lain di tempat yang baru.

PERSYARATAN PERMOHONAN PEMBARUAN IZIN AMATIR RADIO KENAIKAN TINGKAT

  1. Surat Permohonan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika u.p. Direktur Operasi Sumber Daya melalui Organisasi;
  2. Fotocopy IAR;
  3. Fotocopy SKAR untuk tingkat yang diajukan;
  4. Pas Photo berwarna terbaru ukuran 2 x 3 cm sebanyak 5 (lima) lembar;
  5. Fotocopy Kartu Tanda Anggota Organisasi yang masih berlaku.

TATA CARA PERMOHONAN IZIN AMATIR RADIO

Gambar 4.  Alur Permohonan IAR

Gambar 4. Alur Permohonan IAR

PERSYARATAN UJIAN NEGARA AMATIR RADIO (UNAR)

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Melampirkan Pas Photo berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 5 (lima) lembar;
  3. Melampirkan KTP atau Surat Bukti Diri khususnya bagi yang berumur kurang dari 17 (tujuh belas) tahun;
  4. Mendaftarkan melalui Organisasi;
  5. Membayar Biaya Ujian :
    1. Tingkat Siaga : Rp. 50.000
    2. Tingkat Penggalang : Rp. 75.000
    3. Tingkat Penegak : Rp. 100.000

TATA CARA PERMOHONAN UJIAN NEGARA AMATIR RADIO (UNAR)

Gambar 5.  Alur Permohonan UNAR

Gambar 5. Alur Permohonan UNAR

TATA CARA DAN PERSYARATAN IZIN KOMUNIKASI RADIO ANTAR PENDUDUK (IKRAP)

PERSYARATAN PERMOHONAN IZIN KOMUNIKASI RADIO ANTAR PENDUDUK (IKRAP)

  1. Surat Permohonan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika u.p. Direktur Operasi Sumber Daya;
  2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk;
  3. Surat Pernyataan bersedia menjadi anggota Organisasi;
  4. Pas Photo berwarna terbaru dengan ukuran 2 x 3 cm sebanyak 4 (empat) lembar;
  5. Fotocopy bukti pembayaran IKRAP.
Catatan:
  • IKRAP diterbitkan paling lama 10 (sepuluh) hari kerja, sejak berkas permohonan diterima dengan lengkap oleh Direktur Jenderal SDPPI;
  • Biaya Izin/Perpanjangan: Rp. 30.000,-

PERSYARATAN PERMOHONAN IZIN KOMUNIKASI RADIO ANTAR PENDUDUK PEMBARUAN YANG HILANG ATAU RUSAK

  1. Surat Permohonan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika u.p. Direktur Operasi Sumber Daya melalui Organisasi;
  2. Surat Keterangan Hilang dari POLRI setempat atau pernyataan kerusakan yang disahkan oleh Organisasi;
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya;
  4. Pas Photo ukuran 2 x 3 cm sebanyak 4 (empat) lembar.

PERSYARATAN PERMOHONAN IZIN KOMUNIKASI RADIO ANTAR PENDUDUK PERPINDAHAN

  1. Surat Permohonan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika u.p. Direktur Operasi Sumber Daya melalui Organisasi;
  2. IKRAP asli terakhir;
  3. Fotocopy Kartu Tanda Anggota;
  4. Pas Photo ukuran 2 x 3 cm sebanyak 4 (empat) lembar.

PERSYARATAN PERMOHONAN IZIN KOMUNIKASI RADIO ANTAR PENDUDUK PERPANJANGAN

  1. Surat Permohonan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika u.p. Direktur Operasi Sumber Daya melalui Organisasi;
  2. IKRAP asli terakhir;
  3. Fotocopy Kartu Tanda Anggota;
  4. Pas Photo ukuran 2 x 3 cm sebanyak 4 (empat) lembar;
  5. Fotocopy bukti pembayaran IKRAP.

TATA CARA PERMOHONAN IZIN KOMUNIKASI RADIO ANTAR PENDUDUK

Gambar 6. Alur Permohonan IKRAP

Gambar 6. Alur Permohonan IKRAP

Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 55/HM/KOMINFO/05/2017
13-05-2017

Himbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware…

SIARAN PERS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA NO. 55/HM/KOMINFO/05/2017
13-05-2017

Himbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware…

SIARAN PERS NO. 42/HM/KOMINFO/04/2017
07-04-2017

Rudiantara Sedang Memimpin Delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers M…

Seputar SDPPI

Dirjen SDPPI Kunjungi Laboratorium Pengujian BBPPT
24-05-2017

Bekasi (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen...

Sekjen Kemkominfo Hadiri Perayaan Hari Jadi BBPPT di Bekasi
24-05-2017

Bekasi (SDPPI) - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Farida Dwi...

Ditjen SDPPI Berlakukan Perizinan Online di Indonesia Tengah
23-05-2017

Tarakan (SDPPI) - Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI, Kemkominfo, Rachmat Widayana...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika