Hadir di ITTEX 2017, Ditjen SDPPI Sosialisasikan Peran dan Fungsinya

10-08-2017

Kepala Balai Monitor Frekuensi Radio Batam, M. Azmi Ridho (tengah) berfoto bersama dengan petugas informasi Ditejn SDPPI

Batam (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) turut serta dalam pameran Investment, Tourism and Trade Expo (ITTEX) 2017 di Batam, Kepulauan Riau bersama instansi pemerintah lainnya baik dari pusat maupun daerah, sektor swasta, serta Usaha Kecil Menengah (UKM).

Kegiatan pameran merupakan sarana efektif dalam penyebaran arus informasi secara langsung kepada masyarakat yang merupakan salah satu wujud pemenuhan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Informasi Publik, yang menjamin masyarakat mendapatkan kemudahan akses informasi.

Kepala Balai Monitor Frekuensi Radio Batam—Unit Pelaksana Teknis Ditjen SDPPI di Batam--, M. Azmi Ridho, yang menjadi tamu kehormatan mewakili peserta pameran, pada Kamis (10/8) mengatakan bahwa keikutsertaan Ditjen SDPPI dalam pameran ini tujuan utamanya untuk menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat melalui interaksi langsung.

Kaitannya dengan tupoksi Ditjen SDPPI, Azmi menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini masyarakat bisa mendapatkan pemahaman mengenai pemanfaatan spektrum frekuensi radio sehingga tercipta kesadaran untuk menggunakannya dengan benar atau sesuai ketentuan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa penggunaan spektrum frekuensi radio harus sesuai dengan peruntukannya serta tidak saling mengganggu mengingat sifat frekuensi radio yang dapat merambat ke segala arah tanpa mengenal batas wilayah suatu negara. “Inilah salah satu yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat.”

Frekuensi radio merupakan sumber daya alam terbatas yang memiliki nilai ekonomis tinggi, oleh karena itu pemanfaatannya harus sesuai dengan peruntukannya sehingga pengelolaannya harus diatur dengan baik, jelasnya.

“Terlebih salah satu fungsi dari Balai Monitor Spekfrekrad Batam adalah melaksanakan pengawasan dan pengendalian dibidang penggunaan spektrum frekuensi radio,” tutup Azmi.

Selain mensosialisasikan kebijakan penggunaan frekuensi, Ditjen SDPPI juga memberikan edukasi dan pemahaman kepada pengunjung pameran mengenai standardisasi alat dan perangkat telekomunikasi, sertifikasi, dan lain-lain.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan, yang membuka pameran ini, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sarana mengenalkan produk-produk unggulan dari berbagai daerah, juga menarik minat investasi di Kota Batam.

Kota Batam ditunjuk sebagai salah satu dari 10 kota MICE (Meeting, Incentive, Conference/Convention and Exhibition) di Indonesia, yang secara geografis berdekatan dengan Singapore sebagai pusat bisnis dan jasa di kawasan Asia Pasifik sehingga memberikan keuntungan yang sangat besar untuk menarik wisatawan mancanegara.

Stand Ditjen SDPPI, yang sempat ditinjau oleh Sekditjen SDPPI Sadjan, menampilkan produk-produk/kebijakan yang dikemas secara menarik melalui audio visual, bahan cetakan serta media lainnya sehingga mudah dipahami oleh pengunjung disamping menempatkan petugas informasi yang siap sedia memberikan keterangan dan informasi kepada pengunjung.

Dari pemantauan redaksi, pengunjung memanfaatkan momen tersebut untuk menggali lebih jauh Ditjen SDPPI Kemenkominfo, serta tupoksinya.

“Kegiatan ini merupakan sarana yang tepat dan efektif untuk mengenalkan Ditjen SDPPI beserta layanannya kepada masyarakat sehingga dapat dikatakan salah satu sarana branding image-nya Ditjen SDPPI,” kata salah seorang petugas informasi.

Pemeran ITTEX 2017 yang diselengarakan dari tanggal 10 sampai dengan 13 Agustus 2017 di Batam ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan.

Menurut Andis AR dari pihak penyelenggara ITTEX 2017, kegiatan ini bukan saja dilaksanakan di Kota Batam melainkan juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

(Sumber/Foto : hms)

Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 123/HM/KOMINFO/08/2017
15-08-2017

Sambut HUT RI Ke-72, Menkominfo Luncurkan Sistem Ticketing Aduan Konten

110/HM/KOMINFO/08/2017
09-08-2017

Penyelamatan Filing Satelit Palapa PAC-C 146E dan Palapa PAC-KU 146E

SIARAN PERS NO. 98/HM/KOMINFO/07/2017 TANGGAL 30 JULI 2017
30-07-2017

Pentingnya Operasi Penertiban Terhadap Perangkat Telekomunikasi Ilegal

Seputar SDPPI

Big Data SDPPI Juga Dukung Implementasi 5G dan IoT
18-08-2017

Palembang (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika...

Penyelamatan Filing Satelit : Kerja Bersama Kementerian Kominfo dan Stakeholder
17-08-2017

Jakarta (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail,...

Monitoring di Pulau Rupat Temukan 45 Kanal Frekuensi Perlu Ditindaklanjuti Malaysia
16-08-2017

Dumai (SDPPI) - Dalam upaya harmonisasi penggunaan spektrum frekuensi radio di wilayah...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika