-
Email:
callcenter_sdppi@kominfo.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel
- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Seputar SDPPI
Ditjen SDPPI Resmikan Pembukaan New Loket Pelayanan Publik
Jakarta (SDPPI) Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika meresmikan pembukaan New Loket Pelayanan Publik di Gedung Menara Danareksa, Jakarta Pusat pada Jumat (23/6).
"Inovasi atau improvement terhadap pelayanan publik tidak pernah berhenti, ini adalah sebuah lompatan besar dari proses perizinan dibanding proses yang dahulu kala di mana proses perizinan bisa berminggu-minggu, kini sudah one day service," kata Direktur Jenderal SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Dr Ismail MT.
Meski demikian, Ismail mengingatkan agar seluruh awak Ditjen SDPPI untuk tak cepat berpuas diri dalam berinovasi.
"Dari segi proses ini sudah sangat cepat namun room of improvement senantiasa kita berdayakan terus menerus dan ujungnya yang paling penting adalah testimoni atau kesaksian dari para stakeholders karena kami dari direktorat SDPPI bertugas untuk senantiasa berusaha namun outputnya baru terbutki saat seluruh starkeholders merasakan dampaknya,"katanya.
New Loket Pelayanan Publik Ditjen SDPPI tersebut berfungsi memberikan pelayanan publik seperti konsultasi, informasi, asistensi hingga penanganan pengaduan terkait perizinan penggunaan spektrum frekuensi radio dan sertifikasi operator radio serta sertifikasi alat dan atau perangkat telekomunikasi dan kalibrasi serta pengujian perangkat telekomunikasi.
Loket pelayanan publik baru ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana canggih yang mendukung layanan Next Generation Licensing seperti adanya mesin antrian modern yang mudah dioperasikan hingga robot pintar R2S2 yang siap membantu melayani kebutuhan pengunjung mulai dari mencari informasi layanan, pengukuran suhu tubuh, informasi cuaca hingga mendistribusikan snacks dan minuman gratis.
Selain itu, tersedia ruang tunggu yang nyaman lengkap dengan snacks dan minuman gratis bagi para pengunjung.
Adapula play room dengan beragam wahana permainan edukatif bagi pengunjung yang membawa anak selain ruang baca digital bagi pengunjung.
Bagi para ibu menyusui, tersedia ruang laktasi nyaman yang lengkap dengan berbagai keperluan sang buah hati.
Loket pelayanan baru ini juga ramah terhadap para penyandang disabilitas di mana tersedia sejumlah fasilitas yang mampu memberi kemudahan bagi para pengunjung disabilitas mulai dari lahan parkir, kursi roda hingga meja pelayanan khusus bagi pengguna berkebutuhan khusus atau disabilitas.
Sarana lain yang tersedia di loket pelayanan tersebut adalah adanya Pengelola Pengaduan (Ketersediaan sarana pengaduan masyarakat, di antaranya : Mobile Apps ADEYA, Contact Center 159, dan New Loket Ditjen SDPPI, WhatsApp Pelayanan (WAYAN), Ketersediaan informasi prosedur dan tata cara penyampaian pengaduan (Medsos, WAYAN) Contact Center dengan pejabat/petugas pengelola pengaduan (SATGAS) yang senantiasa berjaga.
Sebelumnya, Loket pelayanan Publik Ditjen SDPPI terletak di Gedung Sapta Pesona, Gedung Menara Merdeka, dan Gedung Wisma ANTARA.
Masyarakat yang igin mengurus permohonan izin, kini bisa melakukan registrasi di situs resmi Ditjen SDPPI yakni https://layanan.kominfo.go.id.
Sebagai penyelenggara pelayanan publik, Ditjen SDPPI telah memenuhi standar kepatuhan pelayanan publik sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku.
Melalui komitment yang tinggi, seluruh satuan kerja pelayanan publik di Ditjen SDPPI telah memperoleh predikat zona integritas wilayah bebas korupsi.
Selain itu, Direktorat Operasi dan Sumber Daya Ditjen SDPPI telah memperoleh predikat pelayanan prima.
(Sumber/foto: Ida N/Karin)