-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel

- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Siaran Pers
Kondisi Layanan Telekomunikasi Pada 5 Jam Pasca Gempa Bumi di Tasikmalaya
Siaran Pers No. 179/PIH/KOMINFO/9/2009
(Jakarta, 2 September 2009). Sehubungan dengan terjadinya gempa bumi yang berkekuatan 7,3 skala richter dengan pusat gempa di Tasikmalaya, Jawa Barat pada jam 14.55 WIB, Departemen Kominfo telah melakukan koordinasi secara cepat dengan para penyelenggara telekomunikasi mengingat selain banyaknya pertanyaan dari masyarakat yang terus mengalir tentang kondisi layanan telekomunikasi, juga karena cukup banyaknya media yang ingin memperoleh informasi secara langsung dari Departemen Kominfo. Sejak hitungan awal terjadinya gempa bumi, Departemen kominfo memang mengakui adanya gangguan telekomunikasi dan kemudian sejak jam 15.30 WIB terus mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan para penyelenggara telekomunikasi untuk memperoleh data yang terkini dan terus diperbaharui setiap 1 jam. Pada 5 jam pasca gemba bumi ini informasi secara umum yang dapat diberitahukan kepada m,asyarakat umum adalah sebagai berikut:
- Kondisi jaringan para penyelenggara telekomunikasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada hitungan menit ke 10 pasca gempa bumi hingga menit ke 30 sempat mengalami stagnasi dan hanya beberapa segmentasi tertentu yang bisa melakukan komunikasi. Hal ini akibat sangat tingginya trafik telekomunikasi incoming maupun outgoing, sehingga menyebabkan congestion. Hal yang hampir serupa juga terjadi sebagian besar wilayah Jawa Barat bagian selatan. Kondisi ini adalah lazim terjadi pada setiap terjadinya bencana alam khususnya gempa bumi seperti yang pernah terjadi di Aceh, Yogyakarta, Manokwari dan daerah-daerah lainnya dimana trafik telekomunikasi langsung drop, hanya saja jika di Aceh dan sedikit Yogyakarta diperburuk oleh adanya kerusakan infrastruktur telekomunikasi, sedangkan pada pasca gempa Tasikmalaya ini lebib banyak karena tingginya trafik telekomunikasi dan sebagian kelangkaan pasokan listrik PLN untuk beberapa sarana telekomunikasi dan diteruskan dengan suplai energi dari baterai (genset) yang bisa bertahan hingga 4 jam.
- Ada beberapa rumah, kantor dan fasilitas telekomunikasi yang rusak dan retak yang berlokasi di sekitar Tasikmalaya dan Garut, namun tidak sampai mengganggu kontinuitas jaringan dan layanan.
- Setelah itu secara berangsur-angsur pemulihan layanan telekomunikasi terus dilakukan dan kini hampir pulih sepenuhnya, namun setiap para penyelenggara telekomunikasi sesuai dengan prosedur tetap masing-masing terus melakukan monitoring dan antisipasi guna kontinuitas pemulihan sesuai prioritasnya dalam bentuk: pendistribusian genset ke lokasi-lokasi yang suplai dari PLN-nya terhenti, pengerahan tenaga teknis perbaikan darurat dan pendirian posoko-posko darurat di daerah-dsaerah yang kritis kondisinya. Mobilisasi ini terutama dengan memanfaatkan sumber daya yang terdekat yaitu dari sekitar Bandung.
- Mengingat sebentar lagi akan berlangsung Iedul Firi 1 Syawal 1430 H dimana trafik telekomunikasi diperkirakan akan melonjak tinggi, Departemen Kominfo mengingatkan para penyelenggara telekomunikasi untuk secepat mungkin melakukan pemulihan layanan di daerah-daerah yang pernah mengalami gempa bumi di sekitar Tasikmalaya tersebut, sehingga diharapkan dapat membantu kesiagaan para penyelenggara telekomunikasi yang secara nasional diminta tetap mempertahankan dan sedapat mungkin meningksatkan kualitas layanan telekomunikasinya.
- Departemen Kominfo akan terus melakukan monitoring dan koordinasi dengan para penyelenggara telekomunikasi terhadap pemulihan pasca gempa bumi ini dan bilamana perlu memberitahukannya secara terbuka kepada masyarakat.
Demikian informasi secara umum terhadap kondisi layanan telekomunikasi terhitung berdasarkan data yang masuk hingga jam 20.00 WIB (5 jam pasca gempa bumi). Departemen Kominfo menyampaikan permohonan ma"af atas ketidak nyamanan layanan telekomunikasi beberapa puluh menit setelah bencana tersebut, dan kesemuanya itu di luar kesengajaan para penyelenggara telekomunikasi, karena merekapun sudah berusaha semaksimal mungkin untuk secepat mungkin melakukan pemulihan layanan.
--------------
Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen kominfo (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504, Email: gatot_b@postel.go.id, Tel/Fax: 021.3504024).