-
Email:
Callcenter_djid@komdigi.go.id -
Call us:
159 -
Webmail:
Surel

- Beranda
- Informasi & Publikasi
- Informasi Terkini
Siaran Pers
Kemajuan PT Telkom, PT Indosat dan PT Excelcomindo Dalam Pemulihan Layanan Internet Pasca Gempa Bumi di Taiwan (Posisi Jam 18.00 WIB)
Siaran Pers No. 1/DJPT.1/KOMINFO/1/2007
- Pada hari ke-5 sejak diberlakukannya keadaan darurat ( force major ) oleh Dirjen Postel Baasuki Yusuf Iskandar bersama para penyelenggara telekomunikasi dan APJII (dalam pertemuannya di Ditjen Postel pada tanggal 28 Desember 2006), tingkat kemajuan yang telah diperoleh ketiga penyelenggara telekomunikasi (PT Telkom, PT Indosat dan PT Excelcomindo) cukup signifikan. Informasi dari PT Telkom, dari kapasitas total 1,3 Gb yang terdiri dari 7 STM-1 (155 Mbts) fiber optic dan 5 digital signal 3 satelit (45 Mbts) telah beroperasi normal serta demikian pula dengan 6 STM-1 fiber optic dan 5 digital signal 3 satelit. Tinggal 1 STM-1 fiber optic yang masih down. Secara prosentase, kapasitas bandwith internet PT Telkom sudah 80% dapat dipulihkan.
- Adapun PT Indosat, s etelah berhasil memulihkan 100% layanan suara dan blackberry -nya, PT Indosat hari ini telah berhasil memulihkan lebih dari 80% dari layanan dan kapasitas internetnya. Sedangkan anak perusahaan Indosat, Indosat Mega Media (IM2), dengan layanan internetnya, IndosatNet, telah kembali ke kapasitas penuh dan melayani para pelanggannya seperti biasa.
- Sedangkan tentang PT Exelcomindo dapat kiranya diinformasikan, bahwa PT Excelcomindo sudah dapat melayani seluruh pelanggannya dengan normal secara kuantitas, meskipun masalah kualitas kemungkinan masih dirasakan adanya penurunan karena packet loss. Kapasitas yang saat ini tersedia dan berdasarkan komitmen dari pihak upstream adalah sebagai berikut:
UpStream Provider | Bandwidth Available / Commitment | Bandwidth Rent |
TMHK | 80M | 155M |
SingTel | 20M | 50M |
SATNet | 90M | 90M |
AsiaNetCom | 8M | 8M |
VQwest | 4M | 4M |
VSAT SingTel | 6M | 6M |
Total | 208M | 313M |
- Ditjen Postel terus meminta para penyelenggara telekomunikasi tersebut untuk berupaya meningkatkan kapasitasnya agar dapat kembali pulih sepenuhnya. Hal yang perlu ditekankan untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat umum, khususnya para pengguna internet, adalah bahwanya pemulihan sepenuhnya masih membutuhkan waktu (meskipun terus diupayakan secepat mungkin), karena hal tersebut tergantung pada perkembangan pekerjaan pemulihan kerusakan pada kabel telekomunikasi bawah laut yang dilaksanakan di Taiwan.
- Mengingat ketidak nyamanan, gangguan delay yang diakibatkan dan masih belum pulihnya penanganan kerusakan internet akibat musibah gempa bumi di Taiwan ini, Ditjen Postel menyampaikan permohonan maaf dan secara rutin akan tetap menginformasikan kepada masyarakat umum tentang tingkat kemajuan pemulihan yang secara intensif dilakukan oleh ketiga penyelenggara telekomunikasi tersebut di atas bersama APJII.
Kepala Bagian Umum dan Humas,
Gatot S. Dewa Broto
HP: 0811898504
Email: gatot_b@postel.go.id